Berakhir Sudah! Blizzard Berhasil Hentikan Perdaran Game Tiruannya, Heroes of Warfare

Kloningan game Overwatch yang hadir di ponsel bernama Heroes of Warfare besutan developer game asal Cina akhirnya dituntut oleh Blizzard Entertainment! Lantas Apa saja tuntutannya?

Overwatch saat ini telah memiliki lebih dari 30 juta pemain yang terbagi dari platform PC dan konsol , dengan jumlah yang fantastis itu bisa kamu bayangkan sendiri berapa jumlah uang yang bisa dihasilkan oleh Blizzard Entertainment?

Kesuksesan Blizzard Entertainment nampaknya membuat beberapa developer game lain iri dan ingin mengambil keuntungan dengan mengembangkan game FPS yang mirip dengan Overwatch!

Seperti yang dilaporkan PC Watch, baru-baru ini Blizzard Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum terhadap salah satu game kloningan Overwatch tersebut.

Dan tentu saja perkataan tersebut bukan main-main. Blizzard dan NetEase, sebagai perusahaan yang mengoperasikan Overwatch di Cina menuntut developer game 4399EN GAME, yang membuat game mobile MOBA bernama Heroes of Warfare!

Heroes of Warfare atau biasa disingkat HOW mirip sekali seperti Overwatch hanya saja memiliki settingan grafis yang sangat rendah.

Beberapa heronya ada yang sangat mirip dengan Overwatch, seperti sniper wanita berwarna ungu (Widowmaker), karakter pria yang menggunakan perisai besar (Reinhardt), dan versi hero Soldier 76 yang diubah rambutnya menjadi pink.

Dilihat dari desain karakternya, HOW sepertinya meniru game kloningan Overwatch lainnya yang telah rilis awal tahun ini, yaitu Hero Mission!

 
Map di game HOW sangat mirip dengan map Overwatch, seperti Ilios, Numbani, Nepal dan Hanamura.

Selain itu di HOW juga ada fitur Play of the Game seperti Overwatch dan User Interface (UI) setelah match berakhir dengan fitur medali yang sama miripnya dengan Overwatch. Tidak mengherankan mengapa Blizzard dan NetEase membawa kasus ini ke pengadilan!

Dalam tuntutannya, Blizzard dan NetEase meminta ganti rugi dan Heroes of Warfare dihilangkan dari Apple App Store dan Google Play Store. Selain itu, dua perusahaan ini juga meminta pihak developer game 4399EN GAME untuk meminta maaf atas kesalahannya!

Kloningan Overwatch seperti Heroes of Warfare merupakan ancaman besar bagi perusahaan besar seperti Blizzard Entertainment.

Selain ada kemungkinan pemain mengeluarkan uang untuk versi game kloningan, juga karena banyak gamer yang mudah dibodohi dengan versi kloningan sebuah game.

Versi game kloningan seperti ini bisa menimbulkan kekecewaan bagi calon pelanggan Blizzard dan bisa merusak reputasi Blizzard Entertainment itu sendiri.

Beberapa pemain juga bisa berpikir bahwa game kloningan adalah versi resmi, dan jika mereka mendapatkan pengalaman buruk di game kloningan tersebut, maka perusahaan aslinya juga akan kena dampaknya!

Gugatan ini menunjukkan seberapa jauh kepedulian Blizzard Entertainment untuk melindungi game ciptaannya, dan jika berhasil, ini bisa menjadi pencegah bagi pihak-pihak yang ingin mendapatkan keuntungan dari popularitas game tersebut!


Sebelumnya Blizzard Entertainment telah mengajukan tuntutan hukum kepada pemain yang membuat cheat Overwatch dan berakhir dengan kemenangan dari pihak Blizzard. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »