Terungkap! Ini Alasan Mengapa Tobirama Terlihat Sangat Membenci Klan Uchiha

Tobirama Senju sang Hokage Ke-2 dinilai sebagai pemimpin yang tidak hanya cerdas karena menciptakan berbagai teknik ninja, tetapi juga keras. Sifatnya yang keras tersebut terutama terlihat saat berhubungan dengan Klan Uchiha, yang mana merupakan musuh Klan Senju di masa lampau.

Prasangka Tobirama terhadap para Uchiha kerap kali membuatnya tampak seakan-akan dia membenci semua anggota Klan Uchiha. Namun hal itu tidak benar!

Mengapa Tobirama terlihat membenci Uchiha dan bertindak keras terhadap mereka? Mari simak analisis berikut :

1. Tobirama Merupakan Pemimpin yang Realistis

Pertama-tama, kita harus mengingat Klan Senju dan Uchiha saling membunuh satu sama lain selama bertahun-tahun pada masa Perang Saudara. Dendam dan rasa ketidakpercayaan yang muncul akibat konflik itu tentunya tidak mudah dihilangkan, meski Hashirama dan Madara sempat berdamai dan membentuk Desa Konohagakure.

Berbeda dengan sang kakak, Tobirama tidak memiliki pemikiran yang idealis dan optimis. Dia sendiri mengakui kalau dirinya tidak "senaif" Hashirama dan tidak "seskeptis" Madara. Sehingga bisa dibilang Tobirama merupakan seseorang dengan pemikiran yang realistis dan pragmatis.

Oleh karena itu, setelah Madara bertempur terakhir kalinya melawan Hashirama, dia pun berusaha mempelajari rahasia di balik Uchiha dan Sharingan karena merasa tidak aman hingga menemukan apa yang nantinya disebut sebagai "Kutukan Kebencian" -- sangat menyayangi orang lain hingga akan melakukan apa pun saat kehilangan mereka.

Baca Juga :

2. Tobirama Merasa Konoha Terancam atas "Kutukan" Uchiha

Sangat mempedulikan ketentraman dan keamanan Desa Konoha, Tobirama takut kalau Kutukan Kebencian tersebut tidak hanya akan menghancurkan Klan Uchiha tetapi juga berpengaruh besar pada Desa mereka. Kutukan itu juga sangat bertolak belakang dengan "Semangat Api", yang mana mengatakan kalau cinta merupakan kunci dari kedamaian.

Karena hal tersebut, akhirnya dia melihat Uchiha sebagai "salah satu ancaman keamanan Desa" karena cinta mereka malah akan menimbulkan konflik.

Namun bukan berarti dia membenci semua Uchiha. Sang Hokage Ke-2 sangat menghormati orang-orang seperti Kagami Uchiha dan Itachi Uchiha, yang memiliki sifat yang sangat loyal terhadap desa, mampu melihat jauh ke depan, dan menjauhi Kutukan Klan mereka.

Serta meski berusaha menjauhkan anggota Uchiha dari fungsi-fungsi politik yang penting di pemerintahan Konoha, Tobirama masih memberikan "jalan tengah" dengan membuat Uchiha sebagai Polisi Militer Konoha.

Ketakutan Tobirama pun akhirnya terbukti benar, di mana Madara masih hidup dan memanipulasi berbagai kejadian agar bisa melancarkan Infinite Tsukuyomi -- yang mana semua memanfaatkan lingkaran setan yang terbentuk dari Kutukan Kebencian Uchiha (Obito kehilangan Rin, Sasuke kehilangan keluarga dan membenci kakaknya).

Di sisi lain, tindakan Tobirama yang menyudutkan para Uchiha juga menjadi salah satu penyebab mengapa mereka berusaha memberontak dari Konoha.

Nah maka dari itu, apakah sebenarnya tindakan yang dilakukan Tobirama sudah benar demi menjaga Desa Konoha? Atau justru Tobirama salah langkah? Mari kita diskusikan di kolom komentar.

Referensi :
duniagames.co.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »