4 Permasalahan Ini Sering Muncul Pada Server Baru Game Online

Bermain game online memang memberikan sensasi tersendiri jika dibandingkan dengan game offline yang biasanya mempunyai ending ketika jalan ceritanya sudah usai. Di game online tidak demikian, kalian bisa menjalani permainan tanpa henti berkat sistem kompetitif antar pemain yang berjalan secara real time. 

Namun kelebihan ini di satu sisi juga menjadi kekurangan atau tantangan yang harus diperhatikan oleh publisher game online.

Server; seperti yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya bagaimana eFun terus menambah server baru agar game Final Fantasy Awakening bisa dimainkan dengan nyaman. 

Permasalahan server rupanya menjadi hal klasik yang sering dirasakan oleh para publisher game, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Berikut ini adalah empat masalah yang sering terjadi pada server baru game online!

4. Server Penuh
Sebuah server pastinya memiliki batas daya tampung pemain hingga jumlah tertentu. Ketika sudah penuh, maka pemain paling akhir yang mencoba mengakses server tersebut tak akan bisa masuk. 

Biasanya para publisher sudah memperkirakan jumlah pemain yang akan bermain. Namun sering kali jumlah peminatnya melonjak sehingga mereka harus menyediakan dan menambah server-server baru. Perlu kalian ketahui, menambah dan memelihara sebuah server memakan biaya yang tidak sedikit.

3. Koneksi Bermasalah (lag)

Semakin banyak pemain yang berada dalam sebuah server, maka akan meningkatkan jumlah traffic baik itu koneksi keluar maupun koneksi masuk. Arus traffic yang besar ini akan menjadi masalah apabila bandwidth yang ada pada server tidak cukup besar. 

Meski sebagai pemain koneksi internet kalian sudah mumpuni, kalian tetap akan merasakan lag ketika bermain, bahkan lebih parah lagi sampai terputus dari server dan harus melakukan login kembali.

2. Bug dan Cheat

Bug dan cheat menjadi sebuah momok yang seolah tak bisa dipisahkan dari game. Meski sifatnya ilegal dan ada hukuman yang diberikan pada siapa saja yang tertangkap melakukan hal ini, nyatanya masih banyak pemain yang terus berusaha mencari celah di dalam game. 

Terlebih lagi pada game baru di server baru. Biasanya banyak hal-hal yang bisa dieksploitasi untuk diubah menjadi keuntungan sendiri bagi para pemain. Meski berkali-kali diingatkan untuk melaporkan bug pada pihak berwenang, pemain lebih memilih untuk memanfaatkannya.

1. Maintenance Dadakan

Hal ini biasanya terjadi setelah akumulasi dari ketiga hal yang sudah disebutkan di atas. Banyak sekali publisher yang kadang belum sepenuhnya siap melepas game mereka sepenuhnya ke publik, meski telah melalui tahap close beta (CBT) sebelumnya. 

Ketika terjadi hal-hal yang dirasa menganggu kenyamanan para pemain, mau tidak mau publisher harus melakukan maintenance dadakan untuk memperbaikinya seketika itu juga. Sayangnya maintenance dadakan yang terlalu sering justru membuat pemainnya terganggu!

Referensi :
duniagames.co.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »