Antara PS4 Pro dan Xbox One X, Manakah Yang Lebih Baik?

Persaingan konsol antara Sony dan Microsoft tidak pernah berakhir, keduanya menyajikan berbagai fitur untuk menarik minat para gamer. Sebelumnya kedua perusahaan raksasa ini telah merilis konsol generasi ke-8 yaitu PS4 dan XBox One dengan grafis yang lebih menakjubkan.

Namun itu belum seberapa karena keduanya bakal mempoles konsol mereka dengan spesifikasi yang lebih baik lagi, contohnya seperti Microsoft, yang saat ini telah menciptakan konsol baru bernama project scorpio yang tak lain adalah Xbox One X.

Konsol ini pertama kali diperkenalkan sehari sebelum event Electronic Entertainment Expo (E3) digelar pada Minggu lalu tanggal 12 Juni 2017. Kali ini Microsoft mengungkap spesifikasi konsol andalannya lebih mendetail.

Salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu para penggemar game konsol adalah kompatibilitas. Dengan fitur ini, Xbox One X bisa digunakan untuk memainkan game Xbox 360 dan Xbox One.

Selain itu, fitur resolusi 4k akan membuat pengalaman gaming lebih memuaskan dengan grafis lebi mendetail. Fitur 4k sebenarnya bukan pertama kalinya hadir di Xbox One X, sebelumnya Sony telah merilis PS4 Pro yang juga menghadirkan pemgalaman grafis beresolusi 4k.

Dengan kemampuan prosessor 6 teraflops berkecepatan 1172MHz, GDDR5 12GB, dan memori bandwidth 32GB, apakah Xbox One X mampu memenangkan hati gamer di seluruh dunia ketimbang PS4 Pro? Mari kita bandingkan keduanya :

Spesifikasi 

Xbox One X :
CPU : 8 inti x86 berkecepatan 2.3GHz
GPU : AMD 6 teraflops
RAM : 12GB GDDR5
Storage : 1TB
Dimensi : 11.8 x 9.4 x 2.4 inci, konsol Xbox terkecil yang pernah dibuat
Berat : 3.8 Kg
Warna : Hitam
Optical Drive : 4K/HDR Blu-ray
Dukungan 4K : Ya
Dukungan HDR : Ya
Harga : US$499

PS4 Pro :
CPU : 2.1GHz 8-core AMD "Jaguar"
GPU : AMD Polaris 4.2 teraflops
RAM : 8GB GDDR5
Storage : 1TB
Dimensi : 12.8 x 11.6 x 2.1 inches
Berat : 3.2 Kg
Warna : Hitam
Optical Drive : Blu-ray/DVD
Dukungan 4K : Ya
Dukungan HDR : Ya
Harga : US$399

Dari data diatas dapat kita lihat bahwa spesifikasi hardware Xbox One X memang lebih unggul daripada PS4 Pro. Akan tetapi, kekuatan hardware hanya sebagian hal yang memberi nilai tambah dalam persaingan global.

Tanpa dibarengi judul game yang menarik, membuat kemampuan penggunaan hardware Xbox One X tidak dapat maksimal. Tak heran peminat Xbox One X akan sama mirisnya dengan Xbox One atau bahkan lebih buruk lagi seperti Wii U yang tak banyak memiliki judul game menarik.

Game Xbox One dan Xbox 360 dapat dimainkan juga di Xbox One X. Akan tetapi tetap saja masih kurang, karena game tersebut adalah berasal dari konsol generasi yang lebih rendah. Lain halnya dengan Sony yang sudah menyediakan game eksklusif PS4 Pro untuk saat ini hingga kedepannya.

Peluncuran Xbox One X akan dilakukan pada 7 November 2017, melihat jangka waktunya yang masih jauh, tidak menutup kemungkinan Microsoft dan pengembang game lain akan mengumumkan judul-judul game yang tidak kalah menarik dari PS4 Pro dan akan mengoptimalkan kemampuan hardware Xbox One.

Judul Game 

Game PS4 jumlahnya jumlahnya masih kalah banyak Xbox One X. Hal itu karena fitur kompabilitas Xbox One X yang membuatnya bisa memainkan game dari konsol pendahulunya.

Game PS4 Pro sendiri ada 120 sedangkan Xbox 159 meskipun jumlahnya kalah banyak namun PS4 kaya akan judul game menarik dan eksklusif seperti God of War, Nier Automata, Uncharted 4, Bloodbourne, dll. Berikut ini daftar game eksklusif yang dihadirkan untuk masing-masing konsol.
Eksklusif untuk PS4 :
  • Uncharted 4: A Thief’s End
  • The Last of Us Remastered
  • The Last Guardian
  • Bloodborne
  • Yakuza 0
  • Ratchet and Clank

Akan dirilis untuk PS4:
  • Days Gone
  • Detroit: Become Human
  • God of War
  • Gran Turismo Sport
  • Spider-Man

Eksklusif untuk Xbox One :

  • Gears of War 4
  • Halo 5: Guardians
  • Ori and the Blind Forest
  • Rare Replay
  • Forza Horizon 3
  • Quantum Break


Baca Juga :

Grafis 

Karena keduanya memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda, maka grafisnya pun tidak jauh berbeda berikut spesifikasi GPU nya.
  • Xbox Scorpio: 6 TFLOPS, 326GB/s, 12GB GDDR5
  • PS4 Pro: 4.12 TFLOPS, 218 GB/s, 8GB GDDR5
FLOP (Floating Point Operations Per Second) adalah satuan untuk mengukur jumlah perhitungan yang dapat dilakukan komputer terhadap bilangan pecahan (floating point) tiap satu detik. FLOPS sering digunakan untuk mengukur kecepatan kinerja suatu mikroprosesor yang biasanya ada dalam perangkat elektronik seperti PC ataupun konsol.

Sedangkan TFLP (Teraflop) adalah satu triliun operasi floating point per detik. Ukuran ini menggambarkan kapasitas menghitung berapa banyak perkalian dapat dilakukan dalam satu detik. Intinya perangkat yang memiliki satuan ini seperti superkomputer yang mampu melakukan trilliunan dalam satu detik.

Sedangkan GB/s adalah bandwith dari memori tersebut, yang menunjukkan seberapa cepat GPU dapat menggerakkan frame dalam memori dan mengeluarkannya dalam bentuk game di layar. Lebih banyak kapasitas memorinya, maka makin tinggi resolusi yang bisa dihasilkan GPU, selain itu tingginya memori juga bisa meningkatkan performanya.

PS4 Pro memiliki GPU 8GB berjenis GDDR5 dengan tambahan RAM 1GB yang disishkan untuk menangani proses background. Sedangkan Xbox memiliki GPU 12GB berjenis GDDR5. Kedua konsol akan membagi memorinya untuk diberikan pada GPU dan CPU, meskipun jumlahnya tidak bisa diketahui.

Secara teknis, perbedaan kekuatan grafis ini akan menimbulkan perbedaan performa saat dijalankan pada grafis 4K. Microsoft memenuhi spesifikasi untuk menampilkan grafis 4K secara penuh pada 60fps, sedangkan untuk PS4 Pro tidak semua gamenya memenuhi spesifikasi tersebut.

Beberapa judul game akan berjalan dalam 4K pada 30fps sedangkan yang lainnya dapat berjalan dengan baik dalam 4K pada 60fps. Selebihnya, hanya dapat berjalan antara 4K 30fps – 4K 60 fps.

Semua game Xbox akan berjalan dengan baik pada Xbox One X, entah itu sudah diupdate atau belum. Kamu juga bisa memainkan Xbox One X secara full HD mengunakan pengaturan tertentu untuk menurunkan grafis yang akan membuat performa gaming lebih lancar.

Hal ini berbeda dengan PS4 Pro, yang menyembunyikan pengaturan ini kecuali kamu sudah mengaturnya secara khusus untuk menampilkan resolusi HD.

Harga 

Dengan perilisan satu tahun lebih awal dari konsol Xbox One X milik microsoft, PS4 Pro dipatok dengan harga US$399 atau sekitar 5,8 juta di situs resminya. Untuk mendapatkan satu set lengkap dengan satu judul game kamu harus menyiapkan uang 7 – 8 juta rupiah.

Sedangkan untuk Xbox One X yang akan diluncurkan pada 7 November 2017, harganya US$499 atau sekitar 6,7 juta rupiah, saat masuk ke Indonesia harganya akan naik menjadi 8 – 9 juta rupiah. Meskipun lebih mahal Xbox One X menyediakan spesifikasi yang lebih mumpuni untuk melahap game berat dengan grafis 4K.

Desain 

PS4 Pro memiliki desain yang lebih ramah lingkungan dan tidak banyak memakan tempat, yaitu bisa dimainkan dalam keadaan berdiri maupun terlentang. Karena posisi dasarnya berdiri/horizontal maka kamu  bisa menyimpannya di tempat sempit sekalipun.

Namun untuk dengan Xbox One X belum diketahui secara rinci apakah konsol ini bisa diposisikan berdiri seperti PS4 Pro atau tidak namun dilihat dari dasainnya sepertinya konsol ini jiga bisa dimainkan horizontal. Konsol sebelumnya yaitu Xbox One tidak memiliki fitur ini sehingga hanya bisa dimainkan dalam posisi terlentang/vertikal sehingga memakan banyak ruang.

Selain itu untuk bentuk konsolnya PS4 Pro tidak kotak sempurna, bagian bawahnya lebih lebar secara keseluruhan bentuknya seperti trapesium. Dengan tiga lapis kotak yang menghiasi setiap sisinya membuat PS4 Pro nampak lebih elegan dan bagus.

Sedangkan Xbox One X berbentuk perpaduan persegi panjang sempurna yang dipadukan dengan persegi panjang kecil dibawahnya, kalau dbandingkan dengan generasi Xbox sebelumnya desain ini lebih simpel dan mangacu pada konsol jadul namun lebih ramping.

Kesimpulan

Jadi manakah konsol yang terbaik? Itu semua relatif, tergantung budget dan selera kamu masing-masing. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, konsol PS4 indentik dengan game JRPG yang seru dan kaya akan game bagus, selain itu merek PlayStation telah banyak diminati orang Indonesia karena produknya yang memuaskan.

Meskipun tidak semaksimal Xbox dalam menampilkan grafis 4K namun dengan serunya judul game yang bisa dimainkan akanmenutuupi kekurangan tersbut dan pastinya akan bisa membuat kita terhibur. Harganya yang lebih miring membuat konsol ini aman di kantong.

Untuk Xbox One X spesifikasinya lebih tinggi membuat pengalaman memaikan game 4K lebih optimal, akan tetapi harganya yang tinggi membuat kita berpikir dulu dua kali sebelum membelinya. Xbox sendiri tidak sepopuler merek PlayStation yang sudah sejak lama hadir di Indonesia dan menghadirkan game-game papan atas seperti God of War, Need for Speed, Resident Evil dll.

Jika kamu berniat mencari grafis yang terbaik maka pilihlah Xbox One X namun jika ingin game yang bagus dan performa yang stabil dengan harga yang ramah maka PS4 pro jadi pilihan yang pas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »